Tutorial Surat Permohonan Formasi CPNS Daerah

Pengenalan



Surat permohonan formasi CPNS daerah adalah surat yang dibuat oleh calon pelamar atau peserta seleksi CPNS daerah. Surat ini berisi permintaan agar pemerintah daerah membuka lowongan CPNS di wilayahnya. Dalam surat permohonan ini, biasanya disebutkan jumlah formasi yang diminta serta alasan mengapa pemerintah daerah sebaiknya membuka lowongan CPNS.


Alasan Membuka Lowongan CPNS



Pemerintah daerah memiliki tanggung jawab untuk menyediakan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat. Untuk itu, diperlukan pegawai yang berkualitas dan cukup jumlahnya. Oleh karena itu, membuka lowongan CPNS merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


Cara Membuat Surat Permohonan Formasi CPNS Daerah



Untuk membuat surat permohonan formasi CPNS daerah, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan alamat tujuan surat sudah benar dan lengkap. Kedua, gunakan bahasa yang sopan dan jelas. Ketiga, jelaskan dengan singkat dan padat mengenai jumlah formasi yang diminta dan alasan mengapa pemerintah daerah sebaiknya membuka lowongan CPNS.


Contoh Surat Permohonan Formasi CPNS Daerah



Berikut adalah contoh surat permohonan formasi CPNS daerah:
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Badan Kepegawaian Daerah
di Tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama: (isi nama lengkap)
Tempat/Tanggal Lahir: (isi tempat dan tanggal lahir)
Alamat: (isi alamat lengkap)
Pendidikan Terakhir: (isi pendidikan terakhir)
Dalam hal ini, saya bermaksud mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu untuk membuka lowongan CPNS di wilayah ... (isi nama wilayah). Saat ini, saya sedang mencari pekerjaan dan sangat berminat untuk bergabung dengan instansi pemerintah di wilayah tersebut.
Berdasarkan informasi yang saya peroleh, kebutuhan akan pegawai di wilayah tersebut masih sangat tinggi. Oleh karena itu, saya mengajukan permohonan ini agar pemerintah daerah segera membuka lowongan CPNS di wilayah tersebut.
Demikian permohonan ini saya ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Nama Lengkap


Kesimpulan



Surat permohonan formasi CPNS daerah merupakan salah satu cara untuk meminta pemerintah daerah membuka lowongan CPNS di wilayahnya. Dalam surat ini perlu disebutkan jumlah formasi yang diminta serta alasan mengapa pemerintah daerah sebaiknya membuka lowongan CPNS. Dalam membuat surat ini, pastikan alamat tujuan surat sudah benar dan lengkap, gunakan bahasa yang sopan dan jelas, serta jelaskan dengan singkat dan padat mengenai permintaan yang diajukan.

close